PERUBAHAN DATA WAJIB PAJAK KINI CEPAT DAN MUDAH

PERUBAHAN DATA WAJIB PAJAK KINI CEPAT DAN MUDAH

Tanpa disadari, era digitalisasi yang saat ini terjadi telah membawa masyarakat menuju era masyarakat digital. Teknologi komunikasi secara peralahan terus menerus berkembang mengubah kehidupan sosial masyarakat serta cara manusia berinterinteraksi. Di Era digital ini interaksi dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi seperti telepon dan sosial media.

Kecepatan pelayanan pada era ini sangan dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Masyarakat selalu ingin dimudahkan dalam hal pelayanan yang berhubungan dengan pelayanan publik, termasuk pelayanan pajak. Dirjen Pajak juga senantiasa melakukan terobosan antara lain dengan mengalihkan pelayanan perubahan data wajib pajak yang biasanya dilakukan secara langsung , saat ini dapat dilakukan secara online.

Semenjak 12 Oktober 2020, wajib pajak tidak perlu lagi datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak dan melakukan tatap muka dengan petugas pajak untuk melakukan perubahan data nomor telepon, nomor telepon seluler, alamat email dan atau alamat domisili (dalam satu wilayah kerja Kantor Pelayanan Pajak yang sama). Hal ini diatur dalam peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-04/PJ/2020 tanggal 13 Maret 2020 dan Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-27/PJ/2020 tanggal 30 April 2020 tentang petunjuk teknis pelaksanaan administrasi Nomor Pokok Wajib Pajak, Sertifikat Elektronik dan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak. Wajib pajak bisa melakukan secara mudah dan cepat dengan menelepon Layanan Kring Pajak 1500200 atau dengan live chat di laman resmi Direktorat Jenderal Pajak yaitu www.pajak.go.id. Perubahan data tersebut dapat diubah secara langsung saat itu juga. Perubahan data ini berlaku tidak hanya untuk Wajib Pajak Orang Pribadi namun juga bagi Wajib Pajak Badan, Wajib Pajak Warisan belum terbagi dan Wajib Pajak Instansi Pemerintah.

Dengan terobosan ini, diharapkan wajib pajak akan dimudahkan dalam hal pelayanan perpajakannya. Selain menghemat waktu dan tenaga, manfaat lainnya jika data wajib pajak telah dimutakhiran sesuai dengan data dan kondisi identitas terkini, maka akan mempermudah bagi wajib pajak dalam hal korespondensi dengan Kantor Pelayanan Pajak.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan

Sebelum menelepon Layanan Kring Pajak 1500200 atau menghubungi live chat di laman resmi Direktorat Jenderal Pajak yaitu www.pajak.go.id, yang perlu disiapkan oleh wajib pajak untuk validasi data adalah sebagai berikut:

  1. Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi harap menyiapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Nama sesuai kartu identitas diri, Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat, alamat email yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak dan nomor telepon / nomor telepon seluler yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak;
  2. Untuk Wakil Wajib Pajak Badan harap menyiapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nama sesuai kartu identitas diri, Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat, alamat email yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak, dan nomor telepon / nomor telepon seluler yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak dan EFIN ( Electronic Filing Identification Number) salah satu pengurus dalam SPT Tahunan yang telah jatuh tempo;
  3. Untuk Wajib Pajak Warisan Belum Terbagi harap menyiapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nama sesuai kartu identitas diri, alamat, alamat email yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak, dan nomor telepon / nomor telepon seluler yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak;
  4. Untuk Wajib Pajak Instansi Pemerintah harap menyiapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nama sesuai kartu identitas diri, alamat, alamat email yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak, dan nomor telepon / nomor telepon seluler yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak.

Jika informasi tersebut sudah disiapkan, petugas pajak yang menerima pengajuan perubahan data wajib pajak akan melakukan konfirmasi atau Proof of Record Ownership (PORO). Konfirmasi ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa permohonan benar-benar disampaikan oleh wajib pajak orang pribadi itu sendiri, Wajib pajak pengurus suatu badan atau wajib pajak bendahara instansi pemerintah. Setelah petugas pajak meyakini bahwa permohonan benar-benar disampaikan oleh wajib pajak yang bersangkutan, selanjutnya akan dilakukan pemutakhiran data secara langsung pada database sistem Direktorat Jenderal Pajak. Untuk layanan perubahan data melalui Kring Pajak 1500200 dan live chat di laman resmi Direktorat Jenderal Pajak www.pajak.go.id ini tersedia pada hari kerja yakni Senin sampai dengan Jumat, pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Dari prosedur tersebut dapat disimpulkan bahwa wajib pajak akan dimudahkan dalam menyelesaikan urusan perpajakannya. Dibandingkan dengan kondisi sebelumnya, terobosan yang saat ini dilakukan DIrektorat Jenderal Pajak dirasa sudah tepat sasaran. Hanya cukup dengan menghubungi Kring Pajak 1500200 atau  live chat di laman resmi Direktorat Jenderal Pajak www.pajak.go.id urusan perubahan data nomor telepon, nomor handphone, alamat email, dan atau alamat domisili (dalam satu wilayah kerja Kantor Pelayanan Pajak yang sama) dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Created by Fatah
Referensi : https://www.pajak.go.id/id/artikel/perubahan-data-wajib-pajak-kini-mudah-dan-cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *